Eksotika Fisika "Laut Dua warna Bukti KuasaNYA"

Selamat Pagi, semuanya

Setelah beberapa jam mutar muter di blog2 tetangga, untuk nyari ide tulisan terbaru, akhirnya Fenomena laut 2 Warna pun  aku jadikan tema tulisanku kali ini.

Sebenarnya sudah banyak sekali blog yang terlebih dahulu membahas tentang Fenomena tersebut, tapi tak apalah, siapa tau masih ada yang belum tahu atau masih ada yang sungkan membaca lagi , sehingga banyak manfaat yang dapat kita peroleh.


Ketika kalian melihat gambar diatas , tentunya kalian menyadari ada Fenomena unik/aneh yang terjadi dilautan tersebut.
Fenomena laut dua warna tersebut terjadi di Selat Gibraltar ( selat yang memisahkan Benua Afrika dan Eropa) tepatnya diantara Negara Spanyol dan Maroko.

Disana terjadi pertemuan dua jenis laut yang berbeda warna. Seperti ada garis pembatas yang memisahkan keduanya. Satu bagian berwarna biru agak gelap yang berasal dari laut Mediteranian dan pada bagian lain tampak lebih terang yang berasal dari lautan Atlantik.
Antara 2 lautan tersbut terdapat garis batas yang memisahkan.

Bagaimana Hal tersebut dapat terjadi ?

Fenomena tersebut membuat banyak orang penasaran bagaimana hal tersebut dapat terjadi, termasuk para ilmuwan.

Dan akhirnya pada Abad 20 Ilmuwan dapat menjelaskan bagaimana Fenomena tersebut dapat terjadi

Menurut para Ilmuwan hal tersebut dapat terjadi karena air laut dari lautan atlantik dan air laut dari lautan mediterania memiliki karateristik yang berbeda. Suhu air berbedaKadar garam nya berbedaKerapatan air (density) air pun berbeda.  

Dalam perkembangan Ilmu fisika Modern

Sifat lautan ketika bertemu, tidak bisa bercampur satu sama lain. hal tersebut disebabkan Dikarenakan adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah kedua air dari lautan tidak bercampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka, dinding tipis yang memisahkannya pun adalah air laut itu sendiri.

Dinding pemisah itu bergerak di antara dua lautan dan dinamakan dengan front (jabhah) yang memisahkan antara dua pasukan. Dengan adanya pemisah ini setiap lautan memelihara karakteristiknya sehingga sesuai dengan makhluk hidup (ekosistem) yang tinggal di lingkungan itu.

Manusia dengan akal dan melalui penelitiannya baru dapat menjelaskan fenomena tersebut akhir abad 20 M. Sedangkan AL QURAN yang diturunkan Abad 7 Masehi ( 14 Abad yang lalu ) sudah menjelaskan fenomena tersebut melalui FirmanNYA yang terdapat dalam Surah Ar-Rahman ayat 19-20 yang isinya ;







artinya :
“Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.”
(Q.S. Ar-Rahman:19-20)

dan didalam Q.S Al Furqaan ayat 53








Artinya :
“Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.”
(Q.S. Al-Furqaan:53).

Subhanallah, Allahu Akbar
Laut dua warna yang terletak  di selat gibraltar tersebut adalah salah satu dari Banyak tanda-tanda kuasa Allah SWT bagi hambanya yang berakal.


Sekian , semoga bermanffat
Sumber : https://gsumariyono.wordpress.com/2009/05/22/selat-gibraltar-1-pertemuan-dua-jenis-air-laut-yang-berbeda/
http://www.makintau.com/2015/04/mukjizat-alquran-dua-lautan-ini-tidak-saling-bercampur.html

Previous
Next Post »
0 Komentar