Selasa, 22 Desember 2015

Seminar Fisika "Tinjauan Fisika Mengenai Roket Air"

Fisika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami siswa. Bukan hal yang mudah bagi siswa untuk memahami percobaan, rumus beserta penyelesaiannya, grafik, dan penjelasan teori pada waktu yang bersamaan. (Ornek, Robinson, Haugen, 2008: 30).

Sebenarnya, banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diamati, sehingga mempermudah siswa dalam belajar Fisika. Pada kondisi ini, siswa menjadi mengerti bahwa Fisika tidak hanya sebatas belajar teori saja. Momentum sebuah benda merupakan contoh paling mudah yang dapat dipelajari dengan cara melihat mobil yang bergerak. Mobil dan truk tersebut memiliki massa dan kecepatan yang berarti bahwa keduanya memiliki momentum. Selain peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, banyak permainan yang prinsip kerjanya menggunakan hukum-hukum Fisika, salah satunya adalah Roket air.


Roket Air merupakan permainan sederhana yang dapat dibuat dengan bahan-bahan bekas yang mudah diperoleh seperti botol minuman soda dan kardus. Prinsip kerja roket air ini sama dengan prinsip kerja roket dalam Fisika, hanya saja Roket air menggunakan Air sebagai bahan bakar yang dibuang. Udara dipompakan ke dalam botol (roket) yang berisi air sehingga tekanan udara di dalam botol lebih tinggi daripada di luar botol. Pada saat diluncurkan (dibuka katupnya), udara di dalam botol menekan air keluar dari dalam botol. Semburan air tersebut memberikan gaya dorong pada roket sehingga roket dapat meluncur. Hal tersebut mengacu pada Hukum III Newton (aksi reaksi).

Di beberapa daerah, roket air sering dijadikan sebagai perlombaan. Perlombaan roket air ini sangat diminati peserta yang nota bene adalah siswa SD sampai dengan SMA, karena pembuatannya yang mudah. Namun, peserta hanya membuat roket air sebisanya, tanpa memperhatikan keseimbangan roket, bentuk sirip roket, tekanan yang diberikan pada roket, dan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan sehingga roket yang dibuat tidak dapat stabil meluncur di udara bahkan banyak juga yang tidak dapat meluncur, hanya berputar-putar di tempat.

Dikempatan kali ini Pakgurufisika akan berbagi Makalah Seminar Fisika "Tinjauan Fisika Mengenai Roket Air". Makalah Tersebut merupakan salah satu Karya Mahasiswa UNS, Yulianto Agung R, di dalam Makalah yang saya bagikan kali ini, didalamnya akan membahas tentang :

Pengertian Roket Air dan Bagian-bagiannya
Prinsip Kerja Roket Air
Bagaimana Menciptakan Kestabilan Roket Air
Perhitungan Jarak Terjauh Roket air
Manfaat dan Kegunaannya Dalam Percobaan Fisika.

Untuk Makalah Seminar Fisika tersebut ( Format .PDF ) bisa kalian Unduh di link yang kami sediakan dibawah ini :


Atau Tampilannya makalahnya bisa kalian lihat pada tampilan dibawah ini



Sekian, Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon